DETAIL DOCUMENT
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 060884 MEDAN BARU T.A 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, NADA VERONIKA BR, 1505030270
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-05 08:46:06 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Gaya Kepemimpinan Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060884 Medan Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi ekperimen. Sampel peneliti ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas V-a dan V-b, dimana masing- masing kelas dengan jumlah populasi selurus siswa kelas V SD Negeri 060884 Medan Baru yang berjumlah 48 siswa. Dengan instrument 5 soal yang diujikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan ( Pre Test dan Post Test ). Analisis data yang dilakukan untuk menghitung nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji independen antara dua faktor. Dari analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa hasil nilai rata-rata yang di peroleh dari Gaya Kepemimpinan Demokratis adalah sedangkan nilai rata- rata yang diperoleh dari Gaya Kepemimpinan Otokratis sehingga .= 8,37= 5,99 Uji independen antara dua faktor untuk data hasil belajar(Ì…= 86, siswa 15) pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa Alam dan Cara Menanggulanginya ( Ì…= 75,59)pelajaran IPA di tolak materi dan Peristiwa di terima Alam dan Cara Menanggulanginya di kelas V SD Di peroleh nilai lebih besar dari Artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakan Gaya Kepemimpinan Guru terhadap hasil belajar siswa pada mata Negeri 060884 Medan Baru Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality