DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES 101864 TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, KLARA, 1505030199
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-09 01:51:38 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 101864 Gunung Rintih sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang dan sebagai sampel yaitu kelas IVa sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 orang dan IVb sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian adalah Soal Pre Test dan Post Test bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal diambil dari soal UN. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan ∝ =5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh rata-rata kemampuan siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Artikulasi adalah 86, sedangkan rata-rata kemampuan siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional adalah 67.59 dan kemampuan siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Artikulasi lebih baik daripada kemampuan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional di kelas IV SD Inpres 101864 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality