DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KECERDASAN SEMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SWASTA HARAPAN BARU MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, WINA SARI BR, 1505030375
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-03-09 02:24:11 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional siswa, gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SD Swasta Harapan Baru Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Harapan Baru Medan yang berjumlah 31 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Instrument yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional siswa dan dokumentasi hasil belajar IPS, dan teknis analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, uji normalitas data, homogenitas varians, uji linearitas regresi kemudian uji hipotesis yang digunakan uji t. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diproleh bahwa (1) gambarah kecerdasan emosional siswa dengan kriteria rata-rata 66, (2) gambaran hasil belajar IPS dengan rata-rata 67 dan (3) ada hubungan yang siknifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Swasta Harapan Baru Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality