DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2018/2019
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
DAMANIK, DELVINA WARI, 1505030254
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-09 02:33:31 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101800 Deli Tua populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas Eksperimen 24 orang sisw,a dan di kelas kontrol 27 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes analisis data yang digunakan adalah uji Normaitas data, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan Uji Independen Antara Dua Faktor (BxK). Berdasarkan analisis data diperoleh: Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam dengan menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua, diperoleh nilai rata-rata 85. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model Konvensional di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua, diperoleh nilai rata-rata 72,96. Pengujian Hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf 0,05 diperoleh =7,64>= . Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan 5,99 menggunakan model pembelajaran Course Review Horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality