Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari membiasakan membaca terhadap kemampuan siswa dalam menentukan kalimat utama paragraf. Populasi dari siswa kelas IV sebanyak 51 siswa yang terdiri dari dua kelas. Dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Alat pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu dengan tes berupa pilihan berganda. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan pretest siswa kelas IVA memperoleh nilai rata-rata 40,42 dengan simpangan baku 12,33 dan kelas IVB memperoleh nilai rata-rata 41,11 dengan simpangan baku 14,23. Sedangkan pelaksanaan posttest dengan Membiasakan Siswa Membaca memperoleh nilai rata-rata 79,58 dengan simpangan baku 14,59 dan dengan Pembelajaran Konvensional memperoleh nilai-nilai rata-rata 68,52 dengan simpangan baku 14,33. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan Membiasakan Membaca terhadap kemampuan siswa dalam menentukan kalimat utama paragraf pada siswa kelas IV SD Negeri 101800 Delitua Tahun Ajaran 2018/2019