DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN 101821 PANCUR BATU T.A. 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, ESKANTA BR, 1505030048
Subject
371.5 School Discipline 
Datestamp
2020-03-09 02:54:20 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 101821 Pancur Batu T. A. 2018 /2019. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi product moment. Populasi adalah jumlah keseluruhan pengamatan yang menjadi perhatian.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101821 Pancur Batu tahun ajaran 2018/2019. Alasan memilih lokasi tersebut adalah sebagai berikut : (1) disekolah tersebut tersedia data yang dibutuhkan oleh peneliti. (2) penelitian sejenis belum pernah dilaksanakan di sekolah tersebut.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan metode, teknik dan alat pengumpulan data yang sesuai dan bisa dipercaya kebenarannya dalam pengelolaan data sesuai objek yang di bahas. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lingkungan sekolah sebagai variabel bebas (X) dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi nilai raport siswa SDN 101821 Pancur Batu. Skala penilian yang dipakai adalah skala Likers, yaitu 1-4. Diperoleh gambaran lingkungan sekolah adalah 60,47 termasuk katagori cukup, sedangakan untuk rata rata gambaran prestasi belajar adalah 76,71 masih dalam kategori cukup. Ada pengaruh yang signifikan anatara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SDN 101821 Pancur Batu T. A. 2018 /2019, ini dibuktikan di Uji t, dimana = 27,08 > t = 2,05 
Institution Info

Universitas Quality