DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESESUAIAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG DIBERIKAN GURU DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD PARULIAN 3 MEDAN T.A 2018/2019
Total View This Week14
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, SILVIA NIKA BR, 1505030435
Subject
499.221 Indonesian Language 
Datestamp
2020-03-09 08:02:30 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca dan menulis dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian dalam pelaksanaan pembelajaran menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya ketidaksesuaian materi pembelajaran bahasa Indonesia yang diberikan guru dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Parulian 3 Jln. Sisingamangaraja Km. 7,5 No. 44 Medan Amplas – Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar bahasa Indonesia dikelas V SD Parulian 3. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif. Berdasarkan dari hasil analisis data diperoleh (1) Pelaksanaan pembelajaran menyimak yang diberikan guru dengan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Parulian 3 Medan tidak sesuai karena dari hasil yang diteliti oleh peneliti ditemukan hanya 33% kesesuaian materi pembelajaran bahasa Indonesia yang diajarka guru dengan kurikulum, jadi kriteria kesesuaiannya sangat tidak sesuai. (2) Pelaksanaan pembelajaran bebicara yang diberikan guru dengan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Parulian 3 Medan tidak sesuai karena dari hasil yang diteliti oleh peneliti ditemukan hanya 40% kesesuaian materi pembelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan guru dengan kurikulum, jadi kriteria kesesuaiannya kurang sesuai. (3) Pelaksanaan pembelajaran membaca yang diberikan guru dengan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Parulian 3 Medan sudah sesuai karena dari hasil yang diteliti oleh peneliti ditemukan 60% kesesuaian materi pembelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan guru dengan kurikulum, jadi kriteria kesesuaian cukup sesuai. (4) Pelaksanaan pembelajaran menulis yang diberikan guru dengan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Parulian 3 Medan tidak sesuai karena dari hasil yang diteliti oleh peneliti ditemukan hanya 25% kesesuaian materi pembelajaran bahsa Indonesia yang diberikan guru dengan kurikulum, jadi kriteria kesesuaiannya sangat tidak sesuai. (5) Faktor-faktor penyebab ketidaksesuaian pembelajaran bahasa Indonesia yang diberikan guru dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Parulian 3 Medan, a)guru kurang menguasai materi pembelajaran dan melewatkan materi yang seharusnya diajarkan, b) guru mengalami kesulitan dalam mengajar berdasarkan K13 dan c) guru juga mengejar waktu mengajar yang sudah ditentukan dalam satu tema sehingga melewatkan banyak materi pembelajaran yang seharusnya diajarakan. 
Institution Info

Universitas Quality