DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 040557 JUHAR T.P 2018/2019
Total View This Week17
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, WIDYA CLARA BR, 1505030430
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-09 08:07:58 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 040557 Juhar T.P 2018/2019. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam. Populasi siswa kelas IV 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 22 orang dan kelas kontrol 22 orang jenis penelitian ini adalah test uraian sebanyak 4 soal. Berdasarkan dari hasil penggunaan alat peraga sederhana data diperoleh (1) Hasil pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga sederhana pada siswa kelas IV-A SDN 040557 Juhar T.P 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 76,14. (2) Hasil pembelajaran IPA dengan tidak menggunakan alat peraga sederhana pada siswa kelas IV-B SDN 040557 Juhar T.P 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 58,32. (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 040557 Juhar T.P 2017/2018. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen( ,antara)() dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh = 8,56 > = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan dalam menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 040557 Juhar T.P 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality