DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS V SD NEGERI 030439 LAU MECIHO KAB.DAIRI T.A 2018/2019
Total View This Week18
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, IRWANSAH PUTRA, 1505030157
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-03-09 08:28:52 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat belajar mandiri siswa kelas V SD Negeri 030439 Lau Meciho Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui gambaran belajar mandiri siswa kelas V SD Negeri 030439 Lau Meciho Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui peran guru kelas dalam untuk belajar mandiri siswa di kelas V SD Negeri 030439 Lau Meciho Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket Belajar Mandiri siswa dan angket peran guru dalam meningkatkan belajar mandiri siswa. Hasil dari peneltian ini adalah (1) Tingkat belajar mandiri siswa kelas V SD Negeri 030439 Lau Meciho Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berada pada kategori tinggi sebanyak 1 orang siswa (5,00% ) dan 19 orang siswa (95,00%) berada pada kategori cukup. (2) Ditinjau dari indikator Belajar Mandiri siswa yaitu indikator percaya diri, Belajar Mandiri siswa cenderung cukup, Indikator disiplin cenderung tinggi, indikator inisiatif cenderung cukup dan indikator tanggung jawab cenderung cukup. (3) Sebanyak 17 orang siswa (85,00%) menilai peran guru dalam meningkatkan Belajar Mandiri berada pada kategori tinggi dan 3 orang siswa (15,00%) siswa menilai dengan kategori cukup. 
Institution Info

Universitas Quality