DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
DAULAY, SYAHRINA JUNIARTI, 1505030159
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-03-10 03:20:05 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada mata pelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan SD Dharma Wanita Pertiwi pada tanggal 05 April 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa V SD Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 24 Siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 24 siswa. Alat pengumpulan data yaitu dengan menyebar angket kepada siswa V sedangkan nilai hasil belajar siswa di ambil melalui tes yang dilakukan di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi. Dari analisis data diperoleh kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Dharma Wanita memperoleh rata-rata 70,3 dan hasil Belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan memperoleh rata-rata 71,0. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sisgnifikan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality