DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI PANAS DAN PENGARUHNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI KELAS IV SD NEGERI 101864 GUNUNG RINTIH T.A 2018/2019
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
BARUS, TRISNO FANTA, 1505030135
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-10 04:03:33 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber energi panas dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi ekperimen populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih yang berjumlah 42 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Media Video memperoleh rata-rata 83.31 dan pembelajaran tanpa menggunakan media video memperoleh nilai rata-rata 74.14. maka dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber energi panas dan pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari di kelas IV SD Negeri 101864 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality