Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak, kesulitan-kesulitan belajar menyimak dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyimak cerita. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya kesulitan siswa dalam menyimak cerita. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 040454 Peceren Kecamatan Berastagi, dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah desktiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam kemampuan menyimak cerita adalah 42,03 dari 30 siswa. Jika dilihat dari hasil tes konsentrasi siswa, jumlah kata yang telah dihitung, dan kesesuaian isi dengan yang disimak pembelajaran menyimak di kelas V SD Negeri 040454 Peceren Kecamatan Berastagi dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas V termasuk dalam kriteria kurang baik. Kemampuan menyimak pada kriteria kurang baik ini ditunjukkan dari hasil tes yang telah dilaksanakan peneliti. Dari hasil tes wawancara, dapat disimpulkan bahwa siswa tidak menyimak cerita Si Singa dan Si Tikus karena lupa cerita yang telah disimak. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan antara peneliti dengan 5 orang siswa, 4 orang siswa menyatakan kesulitan yang mereka alami adalah lupa cerita yang telah mereka simak dari rekaman cerita. Peneliti menarik kesimpulan kesulitan menyimak yang dialami siswa kelas V di SDN Peceren Kecamatan Berastagi T.A 2018/2019 adalah sulit menangkap isi cerita yang disimak. Faktor yang menyebabkan kesulitan menyimak siswa kelas V di SDN Peceren Kecamatan Berastagi T.A 2018/2019 faktor internal yaitu siswa yang tidak konsentrasi sedangkan faktor eksternal yaitu siswa yang ribut, dan siswa yang diganggu temannya ketika menyimak cerita.