DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 SEHAT ITU PENTING SUB TEMA 2 GANGGUAN KESEHATAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH DI KELAS V SDN 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week10
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, ALIVCA RANI BR, 1605030165
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-10 08:58:51 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa serta peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pelajaran IPA Sub Tema Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah di Kelas V SDN 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 045965 Peceren yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada aspek aktivitas guru 60,2% berkriteria cukup, aspek aktivitas siswa mendapat nilai 62 berkriteria cukup, nilai rata-rata 68,6, ketuntasan belajar secara klasikal 64%. Hasil penelitian siklus II pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru 71,6% berkriteria baik, observasi aktivitas siswa mendapat nilai 84 berkriteria baik, ketuntasan klasikal 86%, nilai rata-rata 80,7 dan peningkatan hasil belajar 17,6%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran kriteria baik dan hasil belajar tuntas dan meningkat dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Tema 4 Sehat Itu Penting Sub Tema 2 Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah di Kelas V SDN 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020. 
Institution Info

Universitas Quality