DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR KWALA BELAKA TAHUN AJARAN 2019/2020
Total View This Week17
Institusion
Universitas Quality
Author
OKTAVIA, KIKY, 1605030210
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-13 09:10:39 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Kemandirian Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Kwala Bekala. Lokasi penelitian di SD Negeri 060937 Medan Johor Kwala Bekala dan sebagai populasi adalah seluruh siswa kelas IV yang sekaligus menjadi sampel peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan Dokumentasi, kemudian analisis data menggunakan uji statistik t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Kwala bekala diperoleh nilai rata-rata 82,17 dengan kriteria cukup Mandiri,Disiplin belajar siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Kwala bekala diperoleh nilai rata-rata 80,22 dengan kriteria cukup disiplin, Hasil belajar IPA di ambil dari nilai UAS (ujian akhir semester) siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Kwala bekala diperoleh nilai rata-rata 76,02 dengan kriteria cukup, Ada hubungan yang signifikan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Kwala Bekala, Ada hubungan yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Kwala Bekala, Ada hubungan yang signifikan kemandirian dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Kwala Bekala Tahun Ajaran 2019/2020. 
Institution Info

Universitas Quality