DETAIL DOCUMENT
PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SD BUDI MURNI 1 DAN SDS HKBP PEMB III MEDAN TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
SARAGIH, ERMAWATI, 1505030395
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-03-16 07:35:38 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) membaca terhadap kemampuan membaca siswa kelas V di SD Budi Murni 1 dan SDS HKBP Pemb III Medan Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada Ex post facto. Penelitian dilaksanakan di SD Budi Murni 1 dan SDS HKBP Pemb III Medan Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas V-A SD Budi murni 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas V SDS HKBP Pemb III yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Hasil nilai rata-rata tes siswa kelas V-A SD Budi Murni 1 yaitu 59,67 dan nilai rata-rata tes siswa kelas V SDS HKBP Pemb III yaitu 59,60. Nilai rata-rata siswa kelas V-A SD Budi Murni 1 dengan menerapkan GLS membaca lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa kelas V SDS HKBP Pemb III. Kemampuan membaca siswa kelas V SD Budi Murni 1 berkriteria lambat (51-100 KPM) 9 orang siswa (30%), berkriteria sedang (101-149 KPM) 10 orang siswa (33,3%), dan berkriteria cepat (150-200 KPM) 11 orang siswa (36,7%). Kemampuan membaca siswa kelas V SDS HKBP Pemb III berkriteria lambat (51-100 KPM) 17 orang siswa (68%) dan berkriteria sedang (101-149 KPM) 8 orang siswa (32%). Hasil data tes, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua faktor untuk kelas V-A SD Budi Murni 1 dan kelas V SDS HKBP Pemb III diperoleh nilai = 15,11 dan = 14,1 karena ˃ maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Membaca terhadap kemampuan membaca siswa kelas SD Budi Murni 1 Dan SDS HKBP Pemb III Medan Timur Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality