Institusion
Universitas Quality
Author
SHINTA, NURLIZA DWI, 1505030109
Subject
370.1 Philosophy and Theory of Education
Datestamp
2020-03-16 08:16:46
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan budi pekerti sebagai pembentukan karakter siswa di kelas IV SD Swasta Al-Muttaqien Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa kelas IV SD Swasta Al-Muttaqien Medan, dan sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas IV SD Swasta Al-Muttaqien karena teknik pengambilan sampel merupakan sampel total. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai raport siswa akhir semester pada tanggal 29 bulan Juni. Bentuk-bentuk penerapan pendidikan budi pekerti di SD Swasta Al-Muttaqien Medan adalah Mengikuti upacara bendera setiap hari senin, Berdoa sebelum melakukan kegiatan belajar, Ketika dengan guru atau teman melakukan senyum, sapa dan salam, Membiasakan menghormati guru atau yang lebih tua, Mengikuti ibadah setiap hari, Membiasakan mengikuti tata tertib sekolah (aturan), Membiasakan menjaga kebersihan dan kerapian kelas, Membiasakan giat belajar (menuntut ilmu), Membiasakan saling menghargai dan menyayangi sesama teman, dan Membiasakan rendah hati dan selalu bersyukur. Pada angket terdapat empat pilihan jawaban dan teknik pemberian skor berdasarkan skala Liker, yaitu 1-4. Dari hasil penelitian diperoleh data analisis 15 pernyataan dengan nilai perhitungan pendidikan budi pekerti sebesar 42,45% yang menyatakan bahwa peran pendidikan budi pekerti akan mempengaruhi pembentukan karakter siswa dan masuk dalam kategori baik. Sehingga pendidikan budi pekerti yang terdapat di SD Swasta Al-Muttaqien Medan adalah baik.