Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Membiasakan Membaca terhadap kemampuan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok Cerita pada kelas Iv SD Negeri 101816 Pancur Batu Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan populasi 49 siswa dan sampel kelas IV- A 25 siswa dan kelas IV-B 24 siswa.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan pre-test post-test desain. Hasil pre test kedua sampel menunjukkan kemampuan awal kedua kelas sama sehingga dapat dilakukan perilaku yang berdeda yaitu kelas IV-A sebagai kelas Eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas Kontrol. Hasil analisis uji prasyarat ditemukan bahwa data post test kelas kontrol dan kelas eksperimen telah berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis ditemukan x^2=6,78>x_tabel^2= 5,99. Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1 diterima.Berdasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa ada pengaruh membiasakan membaca terhadap kemapuan siswa dalam menyimpulkan ide pokok cerita pada siswa kelas IV SD Negeri 101816 Pancur Batu T.A 2018/2019.