DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN SISWA KELAS V SD NEGERI 050639 MARYKE T.A 2018/2019
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, AGUSTRIANI BR, 1505030247
Subject
411 Writing Systems 
Datestamp
2020-03-19 02:44:00 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis laporan pengamatan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Think Talk Write di kelas V SD Negeri 050639 Maryke. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 050639 Maryke yang berjumlah 47 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 47 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eskperimen (eksperimen) dengan menggunakan model Think Talk Write alat pengumpul data yaitu tes dalam berupa Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan Pelaksanaan Post Test menggunakan model Think Talk Write mperoleh nilai rata-rata 83,80 dan Post test menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai rata-rata 75,18. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Think Talk Write terhadap keterampilan menulis laporan pengamatan siswa kelas V SD Negeri 050639 Maryke Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality