DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DISKUSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 046577 MUNTE KEC. MUNTE KAB. KARO T.A 2018/2019
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
PERANGIN ANGIN, HARI PRANATA, 1505030287
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-03-19 02:53:15 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019. Untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 42 orang siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 21 orang siswa kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran sosiodrama dan 21 orang siswa kelas kontrol yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t dua pihak. Hasil dari penelitian ini adalah (1). Nilai rata-rata kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran sosiodrama sebesar 80,48. Siswa yang tuntas secara indivudu pada kelompok pengajaran sosiodrama ada sebanyak 17 orang dari 21 orang siswa (80,95%) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. (2) Nilai rata-rata kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 66,19. Siswa yang tuntas secara individu pada kelompok pengajaran konvensional ada sebanyak 6 orang dari 21 orang siswa (35,29%) sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa tidak tuntas secara klasikal. (3) Hasil pengujian statistik secara infrensial diperoleh nilai t_hitung=4,79 dan t_tabel=2,02 dengan α = 0,05 dan dk = 49 sehingga t_hitung>t_tabel atau 3,26>2,01. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan berbicara diskusi siswa di kelas V SD Negeri 046577 Munte Kec. Munte Kab. Karo T.A 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality