DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MEMBACA CERPEN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 064023 KEMENANGAN TANI T.P 2018/2019
Total View This Week74
Institusion
Universitas Quality
Author
HASUGIAN, SORTA BENEDECTA, 1505030263
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-03-19 08:08:58 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman membaca cerpen siswa dan pengaruh metode tanya jawab terhadap peningkatan pemahaman membaca cerpen pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment.penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan. Yang berjumlah 49 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas parallel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes penugasan membaca dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis digunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pemahaman membaca cerpen siswa setelah menggunakan metode tanya jawab di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 82,40 dan pemahaman membaca cerpen siswa setelah menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 74,17. Dan ada pengaruh yang signifikan metode tanya jawab terhadap peningkatan pemahaman membaca cerpen pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 064023 kemenangan Tani Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality