DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 107433 BAH GER-GER TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
SIPAYUNG, RISDO KURNIAWAN, 1505030403
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-20 04:09:17 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi perubahan kenamapakan alam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 107433 Bah Ger-ger Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 107433 Bah Ger-ger yang berjumlah 47 orang siswa sekaligus menjadi sampel pada penelitian ini dikarenakan adalah post test, analisis data yang di gunakan untuk mengetahui rata-rata, ujinormalitas, uji homogenitas dan uji independen antara dua fackor. Dari analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa menggunakan metode guided inquiry diperoleh nilai rata-rata 81.91, menggunakan pembelajaran konvesional diperoleh nilai rata-rata 74.78 danadapengaruh yang signifkan guided inquiry belajarterhadaphasilbelajar IPA melalui pendekatan konvesional siswa di kelas IV SDN 107433 Bah Ger-ger TahunAjaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality