DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD SWASTA SUNGAI KEHIDUPAN TAHUN AJARAN 2018/2019
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
SITOMPUL, RIANTI EKA PASTI, 1505030212
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-03-23 03:16:06 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan media benda konkret dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Swasta Sungai Kehidupan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Swasta Sungai Kehidupan sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 44 orang dan sebagai sampel yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 orang dan IV-B sebagai kelas control sebanyak 22 orang. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian adalah pilihan berganda sebanyak 10 soal yang telah di validasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan∝ =5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan hasil data dan pembahasan di peroleh rata-rata Perbandingan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata 83,17, Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 69,4. Dan Peerbandingan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA lebih baik dari pada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. di kelas IV SD Swasta Sungai Kehidupan Tahun Ajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Quality