DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME DENGAN PRISMA DAN LIMAS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP SANTO PAULUS MARTUBUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
SIMANGUNSONG, AMRI, 1305010036
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-14 08:19:39 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa menghitung luas permukaan dan volume prisma dan limas dengan pembelajaran berbasis masalah daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelasVIII SMP Santo Paulus Martubung sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 156 orang dan sebagai sampel yaitu kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen sebanyak 39 orang dan VIIIII sebagai kelas control sebanyak 38 orang diperoleh dengan cara teknik sampel acak klaster. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 4 soal yang telah di validasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan∝ = 5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pembahasan di peroleh rata-rata kemampuan siswa menghitung luas permukaan dan volume dengan prisma dan limas dengan pembelajaran berbasis masalah adalah 71.15, rata-rata kemampuan siswa menghitung luas permukaan dan volume dengan prisma dan limas dengan pembelajaran konvensional adalah 61.10 dan kemampuan siswa menghitung luas permukaan dan volume prisma dan limas dengan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional dikelas VIII SMP Santo Paulus Martubung Tahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality