DETAIL DOCUMENT
PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MERASIONALKAN PENYEBUT BENTUK AKAR DI KELAS X SMA NEGERI TIGAPANAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
SITEPU, RONI BOY, 1005010045
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-14 08:17:43 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana yang lebih baik pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Think Pair Share dengan pembelajaran tanpa model Kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan siswa menyederhanakan bilangan berpangkat pecahan di kelas X SMA Negeri 1 Tiga Panah Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Think Pair Share yang dilaksanakan di kelas eksperimen dan pengulangan pembelajaran yang dilaksanakan di kelas kontrol untuk meningkatkan kemampuan siswa menyederhanakan bilangan berpangkat pecahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk uraian sebanyak 4 soal. Uji hipotesis tindakan dengan menggunakan uji statistik F yang dianalisis dengan analisis varians (Anava). Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada tanpa model Kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan siswa merasionalkan penyebut bentuk akar di kelas X SMA Negeri 1 Tiga Panah Tahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality