DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BANGUN DATAR YANG BERKAITAN DENGAN TEOREMA PHYTAGORAS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Total View This Week10
Institusion
Universitas Quality
Author
SIRINGORINGO, ENRAN, 1405010089
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-14 08:22:34 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa pada materi pemecahan masalah bangun datar yang berkaitan dengan teorema phytagoras dengan pembelajaran berbasis masalah daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Medan sebanyak 12 kelasDengan jumlah siswa 384 orang dan sebagai sampel yaitu kelas VIII-F dengan pembelajaran konvensional sebanyak 32 orang sebagai kelas control dan kelas VIII-H dengan pembelajaran berbasis masalah sebanyak 32 orang sebagai kelas eksperimen. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dan instrument penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 3 soal. Pengujian hypothesis menggunakan uji statistik tdenga taraf signifikan α= 5% dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas Data dan homogenitas Varians. Berdasarkan Hasil Penelitian, Kemampuan siswa dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar Yang Berkaitan Dengan Teorema Phytagoras Dikelas VIII SMP Negeri 10 Medan Dengan Pembelajaran konvensional Diperoleh nilai Rata-rata 52,80. Dimana nilai Tersebut Masih Kategori rendah, Sedangkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Bagun Datar Yang berkaitan Dengan Teorema Phytagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkat Menjadi 64,90. Hal tersebut berarti Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa, Khususnya di Kelas VIII SMP Negeri 10 Medan. 
Institution Info

Universitas Quality