DETAIL DOCUMENT
KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG VOLUME PADA BANGUN RUANG BALOK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Total View This Week39
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, DENDRO LASMANA, 1405010103
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-14 08:23:55 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menentukan volume pada ruang balok dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Medan dengan populasi siswa kelas X sebanyak 12 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan cara quasi eksperimen sehingga diperoleh jumlah sampel 64 orang yang terdiri dari 2 kelas. Instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak tiga soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengambilan sampel pada penelitian yaitu kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat simpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menghitung volune pada bangun ruang balok dengan pembelajaran berbasis masalah memperoleh nilai rata-rata 67,14 , kemampuan siswa dalam menghitung volume pada bangun ruang balok dengan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata 49,32 dan kemampuan siswa dalam menghitung volume pada bangun ruang balok dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. 
Institution Info

Universitas Quality