DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, MITRA ELYAS, 1305030022
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-14 08:35:12 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan Bilangan Bulat di kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040570 Tigabinanga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga yang berjumlah 32 orang dan sebagai objek penelitian ini adalah penggunaan Metode Drill untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Penjumlahan Bilangan Bulat. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes essay. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I yang dilaksanakan tanggal 4 Maret 2017 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2017. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 59,6% dengan kategori cukup, sedangkan pada aktivitas siswa 64 dengan kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 60, siswa yang tuntas 20 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 12 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 62,5% dan yang tidak tuntas 37,5%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 59. Hasil belajar siswa siklus I belum maksimal, dengan demikian maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 73,3% dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu 82 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar secara individu siswa yang tuntas 28 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas 4 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 87,5% dan yang tidak tuntas 12,5%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 65,70. Dengan demikian dari hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat. 
Institution Info

Universitas Quality