DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SD NEGERI 105316 BERANTI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week10
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, SRI ADITIANA BR, 1305030015
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-14 09:03:26 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 105316 Beranti yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus, dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil analisis siklus I dan siklus II, diperoleh persentase peningkatan aktivitas guru sebesar 17,59% berkategori baik, aktivitas siswa 25,81% berkategori baik, persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 26,30% dengan rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 77,49 dan ketuntasan klasikal pembelajaran pada siklus II sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, dan hasil belajar siswa meningkat setelah digunakannya model pembelajaran examples non examples pada pelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SD Negeri 105316 Beranti Tahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality