DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064033 T.A 2016/2017
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
TOBING, VERAWATI LUMBAN, 1405030434
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-14 09:13:36 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran danhasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajan Talking Stick pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Lingkungan dan Pengaruhnya di Kelas IV SD Negeri 064033 Medan T.A 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 064033 Medan, dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 24 orang yang terdiri dari laki-laki 16 orang dan perempuan 8 orang. Objek penelitian ini penggunaan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar observasi siswa dantes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh Hasil Pelaksanaan Pembelajaran Aktivitas Guru meningkat, siklus I dengan nilai 58.6% menjadi 74.1% di siklus II. Aktivitas Siswa meningkat, siklus I dengan nilai 64 menjadi 84 di siklus II.Ketuntasan individual telah mencapai KKM yaitu 70, ketuntasan klasikal meningkat siklus I 75% menjadi 87.50% di siklus II.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya di kelas IV SD Negeri 064033 Medan T.A 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality