DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DI KELAS IV SD NEGERI 064032 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week9
Institusion
Universitas Quality
Author
TELAUMBANUA, RIMANISNIA, 1505030303
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-14 09:15:56 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada penggunaan metode demonstrasi dan menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas di kelas IV SD Negeri 064032 Medan Johor Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064032 Medan Johor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh data siklus I, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai 59% (cukup) dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 55 (cukup). Siswa yang tuntas individu sebanyak 20 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 15 orang, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 53% dan nilai rata-rata siklus I 67 (tidak baik). Sedangkan pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai 85% (baik) sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 87% (baik). Siswa yang tuntas individu sebanyak 33 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 orang, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 94% dan nilai rata-rata siklus II adalah 88 (baik). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara individu dan secara klasikal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonsrasi telah berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas di kelas IV SD Negeri 064032 Medan Johor Tahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality