DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, JERI BELYA, 1305030023
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-14 09:17:19 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA materi Proses Pembentukan Tanah di kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA materi Proses Pembentukan Tanah di kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 040570 Tigabinanga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga yang berjumlah 25 orang siswa dengan perincian 15 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan model Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi Proses Pembentukan Tanah. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan Soal tes essay. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I yang dilaksanakan pada tanggal 04 Maret 2017 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 07 Maret 2017. Hasil penelitian pada siklus I, diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 59,9% dengan kategori cukup dan juga hasil observasi aktivitas siswa nilai 68, juga dalam kategori cukup. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 65, siswa yang tuntas sebanyak 64% dan siswa yang tidak tuntas 36%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 63,58. Hasil belajar siswa siklus I belum maksimal dengan demikian maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh, hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu nilai 71,9% dengan kategori baik, sedangkan aktivitas siswa yaitu 82 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siswa yang tuntas sebanyak 22 orang (88%). Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh, siswa yang tuntas 88% dan yang tidak tuntas 12%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II yaitu 69,52. Dengan demikian dari hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Proses Pembentukan Tanah pada siswa kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Ajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat. 
Institution Info

Universitas Quality