DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040570 TIGABINANGA TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week30
Institusion
Universitas Quality
Author
TARIGAN, FLOREN CRISTIANI BR, 1305030137
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-14 09:24:47 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi Sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga, Tahun Ajaran 2016/2017. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 040570 Tigabinanga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040570 Tigabinanga T.A 2016/2017. Objek dalam penelitian ini adalah mata pelajaran IPA materi Sumber daya alam. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes essay dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 59,9% (cukup) dan pada siklus II yaitu 71,3% (baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada silkus I, 68 (cukup) dan pada siklus II, 80 (baik). Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu hanya 20 orang siswa yang tuntas belajar (62,5%) dan 12 orang siswa yang tidak tuntas belajar (37,5%) dengan nilai rata-rata 62,38. Pada siklus II sebanyak 28 orang siswa yang tuntas belajar (87,5%) dan 4 orang siswa yang tidak tuntas belajar (12,5%) dengan nilai rata-rata 71,56. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA dalam materi Sumber daya alam telah mencapai kategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat. 
Institution Info

Universitas Quality