DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWNING DI KELAS IV SD NEGERI 060886 PADANG BULAN PASAR II MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Total View This Week9
Institusion
Universitas Quality
Author
SIAHAAN, JOY PRIMA, 1405030369
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-04-14 09:48:24 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwning. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 060886 Medan, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 34 orang, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwning pada siswa kelas IV SD Negeri 060886 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes essai yang dibatasi pada jenjang koqnitif C1 dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data siklus 1,observasi aktivitas guru masih cukup dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 20 orang siswa atau58,82% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 14 orang siswa atau 41,18%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa belum tuntas secara klasikal atau suatu kelas dinyatakan tuntas secara klasikal jika dalam kelas tersebut terdapat 85% siswa yang tuntas belajar. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa memperoleh kategori baik. Siswa yang tuntas individu sebanyak 29 atau 85,29% orang siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 atau 14,71% orang siswa. Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa yaitu 66,35% dan rata-rata hasil belajar siklus II yaitu 88.82%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwning pada materi perkembangan teknologi transportasi di Kelas IV SD Negeri 060886 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality