DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF MENGGUNAKAN STRATEGI DRTA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD PARULIAN 3 MEDAN AMPLAS TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
SIBURIAN, MONA HARDIKA, 1405030122
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-04-07 03:41:40 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar dan kemampuan membaca siswa setelah menggunakan strategi DRTA (Direct Reading Thinking Activity) serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca intensif di kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas yang siswanya berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan waktu pelaksanaan dalam I siklus adalah 2 x 35 menit, tanggal dilaksanakannnya penelitian ini adalah 27 Januari 2017 dan 2 Februari 2017 . Objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran pada materi membaca intensif dengan menggunakan strategi DRTA (Direct Reading Thinking Activity). Tehnik penggumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes . Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 69,26, siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 20 siswa atau 74,07%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 7 siswa atau 25,93% dari 27 orang jumlah siswa. hasil belajar siswa secara secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 75,19, siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 23 siswa atau 85,19%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau 14,81% dari 27 orang jumlah siswa. Dengan demikian dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi DRTA (Direct Reading Thinking Activity) dapat meningkatkan hasilbelajar dan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman di kelas V SD Parulian 3 Medan Amplas Tahun Ajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality