DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week15
Institusion
Universitas Quality
Author
GINTING, ITA PURNAMA SARI BR, 1305030153
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-16 01:30:55 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi Sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 060891 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060891 Medan, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Medan Medan, dengan jumlah siswa 26 orang dan objek penelitian penggunaan metode dramatisasi pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (59,8%) dan siswa (64) pada siklus I masih cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 18 siswa dan 8 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 68,46. Presentase klasikal sebesar 69,23%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik dengan nilai (64,7%) meningkat (4,9%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baik dengan nilai (82) meningkat (18). Siswa yang tuntas individu sebanyak 23 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan nilai rata-rata (79,23) meningkat (10,77%). Persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,46% dan meningkat (19,23%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060891 Medan. 
Institution Info

Universitas Quality