DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
SEBAYANG, ELVI MONIKA BR, 1305030150
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-16 01:33:56 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA dengan materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 060891 Medan, Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060891 Medan, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Medan, dengan jumlah siswa 24 orang dan objek penelitian penggunaan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (59,6%) dansiswa(62) padasiklus I masih cukup. Siswayang tuntas individu sebanyak 17siswa dan 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 69,17%. Presentase klasikal sebesar 70,83%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baikdengannilai (70,4%) meningkat (10,8%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baikdengannilai (80) meningkat (18). Siswayang tuntas individu sebanyak 21 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan nilai rata-rata (77,91) meningkat (8,74%). Persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5%danmeningkat (16,67%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 060891 Medan. 
Institution Info

Universitas Quality