DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 101843 BANDAR BARU TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week12
Institusion
Universitas Quality
Author
NAINGGOLAN, ENDAITA NURISA, 1405030368
Subject
418 Applied Linguistics 
Datestamp
2020-04-16 01:43:12 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi everyone is a teacher here yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 101843 Bandar Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101843 Bandar Baru dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 101843 Bandar Baru yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Pebruari 2017 sampai 25 Pebruari 2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama yaitu 2 x 35 menit. Sebagai objek adalah menggunakan Strategi everyone is a teacher here pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 69,3, yang tuntas sesuai nilai KKM sebanyak 18 siswa dengan persentase 66,7% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa dengan persentase 33,3% dari 27 siswa, karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 77,4, yang tuntas sesuai KKM sebanyak 23 siswa dengan persentase 85,1%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan persentase 14,9% dari 27 siswa. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Strategi everyone is a teacher here pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia telah mencapai kategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat, dari rata-rata siklus I yaitu 69,3 dan rata-rata siklus II mencapai 77,4 meningkat sebesar 11,7 dan Ketuntasan secara klasikal dari siklus I dengan nilai sebesar 60% dan siklus II mencapai 75,8% meningkat sebesar 26,3%. 
Institution Info

Universitas Quality