DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI O60972 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
TIHAJAR, 1305030141
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-07 07:35:13 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus dan masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (59,80%), dan siklus II (67,10%), dan persentase rata-rata siswa pada siklus I (68,00%), dan siklus II (82,00%), sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 19 orang siswa (67,86%), terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 24 orang siswa (85,71%). Sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (66,35), siklus II (72,21). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan. 
Institution Info

Universitas Quality