DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SD NEGERI 105316 BERANTI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week10
Institusion
Universitas Quality
Author
LIMBONG, LITA ANGGREINI BR, 1305030065
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-04-16 01:53:25 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 105316 Beranti yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus, dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil analisis siklus I dan siklus II, diperoleh persentase peningkatan aktivitas guru sebesar 12,9% berkategori baik, aktivitas siswa 18% berkategori baik, persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14,8% dengan rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 72,5 dan ketuntasan klasikal pembelajaran pada siklus II sebesar 88,9%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, dan hasil belajar siswa meningkat setelah digunakannya model pembelajaran examples non examples pada pelajaran IPS materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 105316 Beranti Tahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality