DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD DI V SD NEGERI 056613 PANTAI GEMI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
RAHMALLAH, ADINDA SUCI, 1305030289
Subject
323.6 Citizenship 
Datestamp
2020-04-16 06:43:13 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 056613 Pantai Gemi Tahun Pelajaran 20116/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 056613 Pantai Gemi dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas V SD Negeri 056613 Pantai Gemi yang berjumlah 23 orang siswa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2x35 menit. Sebagai objek adalah menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD pada mata pelajaran PKn di Kelas V SD Negeri 056613 Pantai Gemi. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh observasi aktivitas guru 70%, observasi aktivitas siswa 67.30%, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 15 orang dengan persentase 65%, sedangkan yang tidak tuntas 8 orang dengan persentase 35% dari 23 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 67. Karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada Siklus II hasil observasi aktivitas guru 82%, hasil observasi aktivitas siswa 83%, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 20 orang dengan persentase 87%, sedangkan yang tidak tuntas 3 orang dengan persentase 13% dari 23 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 80. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Tipe STAD pada pembelajaran PKn pada materi organisasi di Kelas V SD Negeri 056613 Pantai Gemi Tahun Pelajaran 2016/2017 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat. 
Institution Info

Universitas Quality