DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SD NEGERI 060895 P.BULAN MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
SIHOTANG, MELI HARTATI, 1305030100
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-16 07:04:40 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi perpindahan energy panas di kelas IV SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi perpindahan energi panas di kelas IV SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060895 P. Bulan Medan yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi perpindahan energi panas dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal test dalam bentuk essay. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 59,8% (kategori cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 72,5% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 68 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 84 (kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 18 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 24 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 4 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 64,29% dan untuk Siklus II yaitu 85,71%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 68,78 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 78. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode pembelajaran eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi perpindahan energi panas di kelas IV SD Negeri 060895 P. Bulan Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata 
Institution Info

Universitas Quality