DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD N 105267 SEI MENCIRIM T.P 2016/2017
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
GIRSANG, RAMAHITA BR, 1305030013
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-16 07:18:22 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Stad pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017 dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 105267 Sei Mencirim T.P 2016/2017 sebanyak 35 siswa, laki laki 20 orang dan perempuan 15 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA pokok bahasan gaya dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes dalambentuk essay Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II aktivitas guru diperoleh 73,85% (kategori baik), dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yang diperoleh 84(kategori baik), dan untuk hasil belajar diperoleh dari 35 siswa terdapat 26 (85,72%) siswa yang tuntas belajarnya serta 9(14,28%) siswa yang tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 70,07 Hipotesis tindakan sesuai dengan pernyataan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya di kelasa IV SD Negeri 105267 Sei MencirimTahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality