DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 066048 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week13
Institusion
Universitas Quality
Author
NOVRIANTY, LILY, 1305030068
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-16 07:22:46 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 066048 Medan, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 26 orang, menggunakan model Talking Stick pada siswa siswa kelas IV SD Negeri 066048 Tahun Ajaran 2016/2017. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes yang berbentuk essay yang dibatasi pada jenjang kognitif C1 dan C2. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat dari 59,8% meenjadi 66,6% yang termasuk dalam kategori baik, aktivitas siswa meningkat dari nilai 68 menjadi 82 yang termasuk dalam kategori baik, ketuntasan individu siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas dengan persentase 73,08% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa yang tuntas dengan persentase 88,46%. Rata-rata meningkat dari 64,55% menjadi 72,245. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model Talking Stick pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 066048 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality