DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 0228288 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week23
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, SEPTRIANTA, 1305030156
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-16 08:28:23 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi peristiwa alam Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 0228288 Binjai, dengan jumlah siswa 29 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model kooperatif tipe Teams Achievement Divisions (STAD) sedangkan alat pengumpul data yaitu Lembar observasi guru dan lembar observasi siswa serta tes. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 60 % meningkat menjadi 73,1 % pada siklus II, Aktivitas siswa diperoleh nilai 66 pada siklus I meningkat menjadi 80 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 68,97 % pada siklus meningkat menjadi 89,66 % pada siklus II, dan nilai ratarata diperoleh nilai 64, 67 pada siklus I meningkat menjadi 75,62 pada siklus II. Berdasarkan analisis data apat disimpulkan Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPA materi Peristiwa alam di kelas V SD Negeri 0228288 Binjai Uatara Tahun Ajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality