DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101891 SP. TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2016/2017
Total View This Week66
Institusion
Universitas Quality
Author
SINAGA, ROMUALDO, 1305030172
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-16 08:38:12 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101891 SP. Tanjung morawa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101891, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 101891 dengan jumlah siswa 24 orang dan objek penelitian penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi jenis-jenis gaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. hasil analisis observasi aktivitas guru masih cukup, dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 17 siswa dan 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 65,19. Presentase klasikal sebesar 70,83%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik, sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baik. Siswa yang tuntas individu sebanyak 21 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan nilai rata-rata 72,29. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi jenis-jenis gaya di kelas IV SD Negeri 101891 SP. Tanjung morawa. 
Institution Info

Universitas Quality