DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KERANGKA MANUSIA DI KELAS IV SD NEGERI 084082 SIBOLGA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week60
Institusion
Universitas Quality
Author
HUTABARAT, MELINAR, 1305030644
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-16 08:59:37 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 084082 Sibolga dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan, dan 18 siswa laki – laki. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerangka manusia di kelas IV. Bentuk tes yang digunakan adalah multiplecois/pilihan berganda yang dibatasi pada ranah kognitif dan pemahaman. Dari hasil analisis data siklus I telah diperoleh hasil observasi aktivtas guru dengan persentase 60 % termasuk dalam kategori cukup, dan persentase aktivitas siswa 62,22 dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II, hasil observasi aktivitas guru meningkat menjasi 80 % dan persentase aktivitas siswa juga meningkat menjadi 82,22 .Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas dengan persentase 63,33 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 26 siswa dengan persentase 86,67 % serta meningkatnya nilai rata – rata siswa dari 68 menjadi 83. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal setelah menggunakan model Picture and Picture pada materi kerangka manusia di kelas IV SD Negeri 084082 Sibolga Tahun Pelajaran 2016/2017. 
Institution Info

Universitas Quality