DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI SD NEGERI 060967 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Total View This Week11
Institusion
Universitas Quality
Author
ACHMAD, KHAIRINA, 1505030469
Subject
371.1 Teachers and Teaching 
Datestamp
2020-04-16 09:57:22 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan pelaksanaan pembelajaran, melalui Upaya Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 060967 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060967 Medan kelas IV pada semester Ganjil tahun pembelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060967 Medan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah upaya model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data berupa tes uraian pada pokok bahasan Masalah- Masalah Sosial Kependudukan dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan persentase pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Stick pada pokok bahasan Masalah - masalah Sosial Kependudukan memperoleh kategori baik yang dimana dalam kegiatan guru memperoleh 84,09% dan kegiatan yang dilakukan siswa memperoleh 80,55%. Pada siklus I ketuntasan secara klasikal sebesar 62,1% dan setelah dilakukannya perbaikan pada siklus II maka diperoleh nilai persentase menjadi 86,48% yang dimana 30 siswa kelas IV memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar sebanyak 25 siswa dan siswa yang memperoleh nilai ≤ 70 dengan persentase 13,51 %. Dapat disimpulkan bahwa Upaya model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa, ketuntasan hasil belajat siswa serta pelaksanaan pembelajaran pada pokok bahasan Masalah - Masalah Sosial Kependudukan terbukti dapat meningkat. 
Institution Info

Universitas Quality