DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI KELAS V SD NEGERI NO. 154503 HUTABALANG 3 BADIRI KABUPATEN TAPANULI TENGAH T.P.2015/2016
Total View This Week16
Institusion
Universitas Quality
Author
NAHAMPUN, PEPI LIDYA, 1305030605
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-16 10:03:38 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran setelah penerapan metode pembelajaran demonstrasi. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri No. 154503 Hutabalang 3 Badiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 154503 Hutablang 3 Badiri yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitian adalah penggunaan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan materi pokok Bangun Ruang di Kelas V SDNegeri No. 154503 Hutablang 3 Badiri . Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Intrumen pengumpul data yang digunakan berupa Tes Uraian dan Lembar Observasi. Berdasarkan pada pelakksanaan perbaikan pembelajaran dari awal hingga pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan siklus II telah menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I ketutasan belajar siswa dari 28 siswa 16 siswa atau 55% tuntas dan 12 siswa atau 45% tidak tuntas, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang telah tuntas adalah 24 siswa atau 85% dan 4 siswa atau 15% tidak tuntas. Dengan demikian penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi terbukti dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri No. 154503 Hutablang 3 Badiri. 
Institution Info

Universitas Quality