DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENGHITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DI KELAS V SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week10
Institusion
Universitas Quality
Author
PANGGABEAN, ASNA HARTINAH, 1405030070
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-04-21 02:48:58 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dan pembelajaran model kooperatif tipe NHT pada materi Penjumlahan Billangan Bulat. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 067690 Medan Johor pada tanggal 08 Desember 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067690 Medan Johor berjumlah 49 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh kemampuan siswa menghitug penjumlahan bilangan bulat menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata 85,29 dan pembelajaran model kooperatif tipe NHT memperoleh rata-rata 79,73. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Siswa Menghitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik daripada Menggunakan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe NHT Di Kelas V SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality