DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENDESKRIPSIKAN URUTAN DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS IV SD NEGERI 104212 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN
Total View This Week26
Institusion
Universitas Quality
Author
SEMBIRING, JULIA HASANAH BR, 1405030249
Subject
507 Education, Research 
Datestamp
2020-04-21 03:08:50 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa mendeskripsikan urutan daur hidup hewan pada Mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model pembelajaran GroupInvestigation (GI) di kelas IV SD Negeri 104212 Marindal II. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104212 Marindal II yang berjumlah 44 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 44 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan alat pengumpul data yaitu test berupa Essay. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata . Sedangkan Pelaksanaan Post Test menggunakan Model pembelajaran Group Investigation (GI) memperoleh nilai rata-rata 80,15 dan Post test menggunakan model pembelajaran model konvensionalmemperoleh nilai rata-rata 67,25 . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mendeskripsikan urutan daur hidup hewan lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Konvensional di kelas IV SD Negeri 104212 Marindal II T.A 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality